Friday, July 10, 2015

Turkey Visa

I've traveled to Turkey 3 times. Banyak yang berubah dari tahun 2011 ke 2015.

Tahun 2011. 
Visa untuk Indonesian dan Egyptian tidak bisa Visa On Arrival, harus apply di Embassy/Consulate terdekat. Jadi kami harus ke Jeddah (3 jam perjalanan). Kasihan suami pergi sendirian 2-3 kali ke Jeddah. Biaya 25$/person.
Saya tidak ingat lagi persyaratannya, tapi tidak susah, seperti passport dan foto.

Tahun 2013.
Saya pergi sendirian ke Istanbul dan Ankara. Alhamdulillah, sudah bisa VOA untuk Indonesian. Jadi saya hanya membawa foto, passport dan exit-entry visa Saudi, dan juga itinerary, dan hotel booking, just in case. Tapi saya tidak bawa dollar atau euro, jadi harus keliling mencari money changer. Dapat Visa, ready to go.

Tahun 2015.
Dengan menggunakan e-visa, saya apply online,dengan 3 langkah mudah, dan membayar 25$, print and ready to go. Check https://www.evisa.gov.tr/en/
Untuk Egyptian, ternyata hanya yang dibawah umur 21 dan diatas 45 yang boleh apply. Selain itu harus apply dari embassy. Mereka menyusahkan orang Mesir kesana. Umur 21, belum punya uang, umur 45, udah tua, jadi sedikit kemungkinan yang datang. Ya, kan?

Jadi, selama 3 kali ke Turkey, saya pakai 3 cara yang berbeda.

Kalau kalian mau ke Turkey dari Indonesia, gampang sekali caranya, tidak usah ke Embassy lagi ya. 

No comments:

Post a Comment